Fahmi dan Mahdi, Wakili Sosiologi Unsyiah di OBL 2014

Peserta Orientasi Budaya Lokal (OBL) 2014


Banda Aceh - Program Studi Sosiologi FISIP Unsyiah kembali mengirimkan 2 mahasiswa ke ajang Orientasi Budaya Lokal (OBL) 2014 Aceh – Sumatera Utara yang berlangsung dari  tanggal 2 – 5 Juni 2014 di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.


Orientasi Budaya Lokal (OBL) adalah agenda tahunan Ddlam rangka meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap kelestarian budaya yang ada dan berkembang di tengah masyarakat yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Banda Aceh.

“Tahun ini Sosiologi mengirimkan Fahmi Maulana Akbar dan Mahdi Ibrahim sebagai perwakilan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Keduanya merupakan mahasiswa angkatan 2011” Ujar Ketua Jurusan Sosiologi, Khairulyadi kepada Humas HIMASIO senin (11/06/14).

Di tempat terpisah, saat dikonfirmasi Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Banda Aceh, Irini Dewi, SS, MSP, menjelaskan bahwa rangkaian acara di Aceh Tamiang adalah yang kegiatan OBL (Orientasi Budaya Lokal) ke-5 setelah sebelumnya dilakukan di Aceh Besar (OBL I), Karo (OBL II) dan Aceh Selatan (OBL III) serta Pakpak Bharat (OBL IV).

“Untuk peserta kali ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari 20 peserta dari Mahasiswa Aceh dan 20 dari Mahasiswa Sumatera Utara. Adapun perguruan tinggi yang turut ambil bagian yaitu dari Unsyiah Banda Aceh, IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, STKIP Al-Washliyah Banda Aceh,  Unima Lhokseumawe, Universitas Samudera Langsa, Universitas Serambi Mekkah, USU, Unimed, UMSU”, terang beliau.

Para peserta melakukan aktivitas pengamatan di beberapa Desa seperti Simpang Kanan, Tanjung Mancang, Seruwai. Di sana seluruh peserta berbaur dengan masyarakat dan mengamati kegiatan mereka sehari-hari untuk mengetahui hal-hal unik terkait kebudayaan yang terkonsentrasi pada kearifan tradisional. Dari hasil pengamatan kemudian peserta akan ditugaskan untuk menyusun laporan dalam bentuk karya ilmiah sesuai topik yang ditentukan (rma).

0 komentar: